Beda Drafter Dengan Arsitek

Dalam dunia perencanaan arsitektur, kita seringkali mendengar istilah arsitek dan drafter. Sebenarnya, apa sih bedanya ?.

Kalau disimak translate dari “kata”, architect maupun drafter mengandung pengertian yang berbeda antara satu dengan lainnya. Drafter atau juru gambar memiliki arti seseorang yang menyusun outline atau sketsa menjadi rangkaian utuh sedangkan architect memiliki arti seseorang yang membuat rencana untuk digunakan dalam pembuatan sesuatu. architect berasal dari bahasa Yunani yaitu ; architekton (master pembangun), dimana arkhi berarti ketua dan tekton berarti pembangun atau tukang kayu. Jadi istilah arsitek berasal dari sebutan untuk ketua tukang kayu yang memimpin suatu pembangunan.

Dalam dunia kerja perencanaan arsitektur, keduanya memiliki peran yang berbeda. Ini dapat dilihat dari penjelasan berikut ini :

Tugas kerja antara Arsitek dengan Drafter.

1. Arsitek
Seseorang yang bertugas melakukan kegiatan perencanaan yang disesuaikan dengan data survey dan analisa kebutuhan yang didapatnya kemudian menjadikannya sebagai konsep rancangan. Perencanaan tersebut meliputi rencana arsitektur, rencana konstruksi/struktur, rencana mekanikal dan elektrikal, dsb yang berisikan informasi bentuk, dimensi/ukuran, tata letak, termasuk jenis material yang dibutuhkan.

2. Drafter / Juru Gambar.
Seseorang yang bertugas untuk membantu arsitek dalam kegiatan perencanaan. Kegiatannya meliputi pembuatan gambar kerja yaitu gambar detail dari gambar/sketsa perencanaan yang telah dibuat arsitek. Gambar detail itu meliputi setiap detail rencana arsitektur, detail rencana konstruksi/struktur, detail rencana mekanikal dan elektrikal. Gambar detail tersebut nantinya gambar yang menjadi acuan dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan.


Siapa sajakah yang pantas disebut drafter ataupun arsitek itu ?

Arsitek haruslah tenaga teknis/tenaga ahli yang telah lulus strata 1 teknik arsitektural ataupun planologi sedangkan drafter/juru gambar bisa dijabat seorang arsitek terhadap hasil rancangan dari arsitek lainnya atau dijabat tenaga teknis tamatan SMK bangunan bahkan mereka yang mempelajari cara gambar secara otodidak.


Semoga bermanfaat.

8 Responses to “Beda Drafter Dengan Arsitek”

hugotruss mengatakan...
21:36

untuk pemasangan rangka atap baja ringan berkualitas dan bergaransi bisa kunjungi blog kami di www.hugotruss.blogspot.com


Unknown mengatakan...
17:35

hi salam kenal
jika sekarang istilahnya "Designer" untuk drafter yg sudah berpengalaman. tidak hanya 2D yg dikuasai, tp sdh ke model 3D

http://pak-iksan.blogspot.com.au/2012/11/software-for-3d-modelling-revit.html


eben3dimpressions mengatakan...
13:52

Saat ini selain drafter dan arsitek dalam sebuah konsultan arsitek, ada bagian lain yang sering disebut 3d Artist :)


Unknown mengatakan...
10:29

kurang sepakat dengan pernyataan

Arsitek haruslah tenaga teknis/tenaga ahli yang telah lulus "strata 1" teknik arsitektural ataupun planologi sedangkan drafter/juru gambar bisa dijabat seorang arsitek terhadap hasil rancangan dari arsitek lainnya atau dijabat tenaga teknis tamatan SMK bangunan bahkan mereka yang mempelajari cara gambar secara otodidak.


Eltendi mengatakan...
23:47

Berarti ane masih Drafter dong. Minta referensi buat mahasiswa arsitektur dong Master. Ane juga baru belajar sketchup nih :D CirebonIdea


Unknown mengatakan...
16:25

Love archtecture


Unknown mengatakan...
10:22

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m




chintia lim mengatakan...
17:48

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
All Rights Reserved blog arsitek | Blogger Template by Bloggermint