Belajar jadi Developer ; Menentukan Lokasi (2)




Pada postingan lalu, saya sudah memberikan persiapan dasar menjadi developer dan kini akan saya lanjutkan tentang arti lokasi dan cara menentukan lokasi bagi developer. Perlu diketahui bahwa cara mendapatkan lahan ada 4, yakni ;

- Menggunakan lahan yang telah ada milik sendiri.
- Menggunakan lahan pihak lain dengan sistem perjanjian yang tidak memberatkan dalam proses awal kerja. Artinya tidak ada uang ‘tanda jadi’ yang harus dikeluarkan. Lahan seperti ini biasanya dimiliki oleh keluarga atau kenalan dekat.
- Menggunakan lahan pihak lain secara kerjasama dengan sistem bagi hasil yang disertai pembayaran sejumlah uang sebagai tanda jadi.
- Menggunakan lahan yang dibeli secara putus dari pihak lain.

Ketika melihat lahan-lahan yang dianggap potensial, hal yang harus dipertimbangkan pertama sekali adalah lahan tersebut dapat menjual dirinya sendiri tanpa kegiatan promosi yang besar. Caranya dengan melihat bahwa lokasi terdipilih adalah lokasi strategis. Yang dimaksud dengan lokasi strategis adalah ;

- Lokasi berada di kawasan pengembangan kota dan kebijakan pengembangan kota dari pemerintah, jelas dan berkesinambungan.
- Minat konsumen yang besar pada perumahan yang ada dikawasan lokasi tersebut.
- Aksesibilitas ke lokasi lahan. Apakah telah tersedia jalan menuju lokasi atau sebagai pengembang anda harus membuatnya terlebih dahulu.
- Tersedianya Sarana dan Prasarana Publik seperti jalan, sekolah, listrik, telpon (tidak terlalu penting bagi RSH dan RSS), pasar dan sarana angkutan umum.
- Tidak memerlukan biaya pematangan lahan yang besar, contoh tanah rawa tentunya memakan biaya yang besar ketimbang tanah keras.
- Harga beli tanah tidak menyebabkan harga jual rumah lebih tinggi dari harga pasar dengan type yang sama.
- Mengintip konsep dan fasilitas yang disediakan developer yang kita anggap sebagai kompetitor disekitar kawasan tersebut.
- Status kepemilikan adalah Sertifikat Hak Milik.

Nah, saya anggap anda telah memiliki lahan siap pakai dengan status Sertifikat Hak Milik.

Pertanyaan berikutnya adalah, apabila anda memiliki sedikit modal kerja ? jika ya, apa yang harus dilakukan ?

Saya sarankan untuk…
- Mulai memikirkan konsep perumahan dan fasilitas yang menyertainya
- Perencanaan Disain oleh ahli arsitek
- Merancang biaya pelaksanaan oleh ahli sipil
- Memikirkan cara berpromosi yang tepat sasaran.

Oke, sekian dulu tips singkat dari saya, berikutnya saya akan menulis cara mempromosikan perumahan dan pengetahuan lain seputar bisnis developer.

Semoga bermanfaat

2 Responses to “Belajar jadi Developer ; Menentukan Lokasi (2)”

Developer Property TANPA Modal mengatakan...
11:36

Web nya bagus sekali, dan saya ucapkan terima kasih atas info nya. Semoga web nya semakin ramai dan banyak pengunjung nya!

Dibuka kerjasama untuk rekan-rekan pemilik property (rumah, tanah, ruko, gudang, apartemen, dll.) atau agent properti, developer perumahan ataupun sales properti. Kami membuka kerjasama dalam penjualan properti rekan-rekan dengan CEPAT kepada customer-customer kami yang tergabung dalam milist, group, forum, diskusi, dan komunitas melalui media internet di http://ayocarirumah.com

Rekan-rekan yang memiliki tanah, jangan buru-buru dijual sebab ada peluang kerjasama yang menguntungkan dengan pengembang professional. Bagi yang ingin invest rumah, kini telah tersedia layanan KPR tanpa uang muka, bebas pilih lokasi dan dibayar sesuai dengan kemampuan. Bagi yang ingin memiliki bisnis, kami berikan lahannya, kami dirikan rukonya dan kami isi lengkap dengan bisnis yang sudah terbukti kesuksesannya, dan bayar di bulan ke-13. Mudah kan???!! Info selengkapnya silahkan berkunjung di http://ayocarirumah.blogspot.com/p/jadi-developer.html

Kami juga memberikan layanan konsultasi property, bursa property, tips tricks property, berita property, tabloid property, info kos, service apartment, KPR tanpa uang muka, kerjasama menjadi developer dan link exchange untuk meningkatkan peringkat website kita. Kami membuka diri bagi rekan-rekan yang ingin berbagi melalui layanan service 24 jam yang tertera dibawah ini! Semoga bisa bermanfaat bagi semua! Terima Kasih…[ACR]

Y. Kriswanto
Call Me Please 24 Hours
Fren. 0888-705-7878, IM3. 0856-4964-6116, XL. 0878-5413-8558
Email. ykriswan@gmail.com, FB/YM. pecinta_bisnis@yahoo.co.id


Juragan Pribumi mengatakan...
15:19

@ Developer Property : makasih atensinya


Posting Komentar

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
All Rights Reserved blog arsitek | Blogger Template by Bloggermint